MATERI KOMPUTER oleh : Masroni Alkhitat, S.Kom

TUTORIAL BELAJAR 
KOMPUTER PRAKTIS

Like Facebook

Home » » Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Pengembang Adobe Systems
Rilis stabil CS6 (13.0) / 23 April 2012
Rilis pratayang Tidak ada rilis pratayang untuk saat ini
Sistem operasi Mac OS X, Microsoft Windows
Jenis Editor gambar raster
Situs web resmi www.adobe.com
Downloads Versi CS6
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Pengembangan

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro.[1] Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.[2]
Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988.[1] Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.[3]

Fitur

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.
Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dan disebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan "warp," versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.
Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

CS5
Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

Camera RAW 3.x
Versi terakhirnya dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.
Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya, Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dari Photoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.

Format File

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
  • .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  • .PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
  • .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Tool

Tool dalam Adobe Photoshop adalah alat yang dapat membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memilikit 59 tool yang dapat dipakai oleh pengguna. Tool - tool tersebut terdiri dari berbagai macam tool dengan kegunaan yang spesifik. Beberapa tool - tool yang ada di Photoshop antara lain :
  • Move Tool
  • History Brush Tool
  • Eraser Tool
  • Path Selection Tool
  • Direct Selection tool
  • Pen Tool
  • Shape Tool
  • Brush Tool
  • Audio Annotation Tool
  • Eyedropper Tool
  • Measure Tool
  • Text Tool
  • Hand Tool
  • 3D Object Rotate Tool
  • 3D Rotate Camera Tool

Dampak terhadap industri


Sebuah contoh dari manipulasi deletion. Gambar aslinya berada di sebelah kiri.

Montase dari 16 foto menggunakan Photoshop.
Pengembangan manipulasi gambar digital banyak memengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photo retouching) dan mengubah cara kerja: produk yang biasanya hanya dapat diciptakan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, kini dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun. Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin. Photoshop berperan besar dalam perkembangan dunia digital saat ini.
Pada masa revolusi fotografi digital pada tahun 90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri. Banyak fotografer yang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yang mereka ciptakan.
Dengan kehadiran tablet grafik, terutama dari Wacom, program seperti Adobe Photoshop dan Corel Painter semakin dibutuhkan untuk menciptakan gambar orisinal. Dengan menggunakan pressure sensitive tablet dapat meningkatkan efek paint brush, eraser, atau tool lainnya. Tablet digunakan secara global oleh para ilustrator komik profesional, arsitek, seniman studio, dan lainnya. Bahkan ILM, perusahaan spesial efek yang berperan dalam produksi film Star Wars, menggunakan tablet yang dikombinasikan dengan Photoshop untuk mengoptimalkan hasil-produksinya.

Kebudayaan

Kata Photoshopping muncul sebagai sebuah neologisme, yang berarti "menyunting sebuah gambar", meskipun pengolahan gambar itu sendiri tidak menggunakan Photoshop sebagai programnya (sama seperti Google yang saat ini dapat digunakan sebagai kata kerja). Adobe discourages use of the term [4] out of fear that it will undermine the company's trademark. The term photoshop is also used as a noun referring to the altered image.
Photoshopping gambar untuk tujuan humor menjadi populer dikalangan anggota beberapa website seperti Something Awful dan Fark. Kontes Photoshop juga menjadi sebuah tradisi bagi para pengguna software ini.

Sejarah perilisan

Versi Platform Nama kode Tanggal rilis Perubahan
0.63 Macintosh
Oktober 1988
1.0 Macintosh
Februari 1990
2.0 Macintosh Fast Eddy Juni 1991
  • Path
2.0.1 Macintosh
Januari 1992
2.5 Macintosh Merlin November 1992
Windows Brimstone
IRIX, Solaris
November 1993
2.5.1 Macintosh
1993
3.0 Macintosh Tiger Mountain September 1994
  • Tabbed Palettes
  • Layers
Windows, IRIX, Solaris [5]
November 1994
4.0 Macintosh, Windows Big Electric Cat November 1996
  • Adjustment Layers
  • Actions (macro)
4.0.1 Macintosh, Windows
Agustus 1997
5.0 Macintosh, Windows Strange Cargo Mei 1998
  • Editable type (Sebelumnya, ketikan akan dirasterisasi ketika dimasukan ke dalam gambar)
  • Multiple Undo (History Palette)
  • Color Management
  • Magnetic Lasso
5.0.1 Macintosh, Windows
1999
5.5 Macintosh, Windows
Februari 1999
  • Satu paket dengan ImageReady
  • Extract
6.0 Macintosh, Windows Venus in Furs September 2000
  • Bentuk vektor
  • Perubahan layar tampilan
  • Filter "Liquify"
6.0.1 Macintosh, Windows
Maret 2001
  • Penambahan memory usage
  • Pengembangan Paintbrush picker
  • Memperbaiki bug Clipping path save/export
7.0 Mac OS 'Classic'/Mac OS X, Windows Liquid Sky Maret 2002
  • Mengubah format teks menjadi vektor
  • Healing Brush
  • Painting engine baru
  • Menghilangkan dukungan alpha channel untuk format file TGA dan menggantinya dengan "embedded alphas", sebuah metode eksperimental yang secara otomatis memunculkan data transparansi.
7.0.1 Mac OS 'Classic'/Mac OS X, Windows
Agustus 2002
  • Camera RAW 1.x (plugin opsional)
  • Mengembalikan dukungan alpha channel untuk format file TGA, dan menghilangkan fitur "embedded alphas".
CS (8.0) Mac OS X, Windows Dark Matter October 2003
  • Camera RAW 2.x
  • Modifikasi "Slice Tool"
  • Perintah Shadow/Highlight
  • Perintah Match Color
  • Filter "Lens Blur"
  • Smart Guides
  • Real-Time Histogram
  • Deteksi dan penolakan untuk mencetak gambar hasil-scan banknote[6]
  • Perlindungan kopi Macrovision menggunakan teknolohi Safecast DRM
CS2 (9.0) Mac OS X, Windows Space Monkey April 2005
  • Camera RAW 3.x
  • Smart Objects
  • Image Warp
  • Spot healing brush
  • Red-Eye tool
  • Lens Correction filter
  • Smart Sharpen
  • Smart Guides'
  • Vanishing Point
  • Peningkatan manajemen memori pada mesin PowerPC G5 Macintosh 64-bita yang menjalankan Mac OS X 10.4
  • Mendukung High dynamic range imaging (HDRI)
  • Mendukung scripting JavaScript dan bahasa lainnya
  • Tambahan fitur "smudging", seperti misalnya "Scattering"
  • Memperbaiki seleksi layar, seperti kemampuan untuk memilih lebih dari satu layer.
CS3 (10.0) Universal Mac OS X, Windows Red Pill Musim semi 2007 [7] Versi betanya dirilis tanggal 15 Desember 2006 untuk pemilik Photoshop CS2, Creative Suite, dan perangkat lunak Adobe lainnya.[8][9][10]
  • Tambahan dukungan untuk platform Macintosh berbasis-intel
  • Perubahan layar tampulan
  • Tambahan fitur untuk Adobe Camera RAW
  • Quick Selection tool
  • Perubahan Curves, Vanishing Point, Channel Mixer, Brightness dan Contrast, dan dialog saat mencetak
  • Pengaturan konversi Black-and-white
  • Auto Align dan Auto Blend
  • Smart Filters
  • optimisasi Mobile device graphic
  • Pengembangan cloning dan healing
CS4, CS4 Extended (11.0) Universal Mac OS X, Windows Stonehenge 30 Oktober 2008[11]
  • Smoother panning and zooming and fluid canvas rotation
  • OpenGL display acceleration in Photoshop
  • Native support for 64-bit on Windows Vista x64
  • Adjustments panel
  • Auto-blending of images
  • Masks panel
  • Improved Adobe Photoshop Lightroom workflow
  • Content-aware scaling
  • Better raw image processing
  • Extended depth of field
  • Dramatically enhanced color correction
  • Auto-alignment of layers
  • New file display options (tabbed document display and n-up views)
  • New file management and workspaces with Adobe Bridge CS4
CS5 Universal Mac OS X, Windows White Rabbit 12 April 2010
  • Complex selections made easy
  • Content-Aware Fill
  • HDR Pro dan HDR Toning
  • Puppet Warp
  • Mixer Brush dan Bristle Tips
CS6 (13.0) Universal Mac OS X, Windows Superstition 23 April 2012
  • Perspective Crop Tool
  • Tambahan Menu "Type"
  • Tampilan layar dengan tema "Dark Version"

CS4

Adobe Photoshop Creative Suite 4 (Adobe Photoshop CS4) adalah versi terbaru program Adobe Photoshop yang dikeluarkan Adobe System Incorporated yang merupakan penyempurnaan versi sebelumnya. Adobe Photoshop CS4 telah mencakup software print, mobile, interaktif, film dan pembuatan video. Produk yang dikeluarkan oleh Adobe Photoshop CS4 meliputi: design premium, web premium, production premium dan master collection. Adobe Photoshop CS4 tersedia dalam dua versi.

CS5-CS6

Versi CS5 dirilis 2010,CS5.5 dirilis 2011,CS6 dirilis 2012.

Alternatif

Ada beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai ganti Photoshop, yang paling terkenal adalah Corel Photo-Paint (sepaket dengan CorelDRAW, Corel Painter, Corel Paint Shop Pro Photo XI dan Ulead PhotoImpact. Perangkat lunak lainnya termasuk Helicon Filter, GIMP, openCanvas, Paint.NET, Photoscape dan Pixel image editor.

Rujukan

0 komentar:

Posting Komentar

Like Facebook

Komentar Facebook

Terbaru

Translate

Pengikut

@pelajarankomputerku. Diberdayakan oleh Blogger.